Rabu, 10 November 2010

pengertian manusia dan tanggung jawab

tanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajibn menanggung,memikul jawan,menanggung segala sesuatu atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.tanggng jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja aupn tidak di sengaja,tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewjibannya.
seseorang dikatkan bertanggug jawab karena adanya kesadaran atau keinsafan atau segala perbuatan dan akibatnya dan atas kepentingan pihak lain.dan tanggung jawab itu timbul di lingkungan masyarakat,tanggung jawab tidak hanya di lingkungan masyarakat tetapi kita bertanggung jawab di lingkungan keluarga,tanggung jawab di lingkungan keluarga harus bisa di kontroll oleh figur ayah krena seorang ayah mempuya tanggung jawab menghidupi keluarganya..setelah itu manusia harus bisa menciptakan keserasian,keseimbangan,dan keselarasan antara sesama manusia dan lingkungan.
tanggung jawab itu bersifat kodrati artinya sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia bahwa setiap manusia di bebani tanggung jawab .tanggung jawab harus bisa di terapkan apabila kita melakukan kesalahan yg fatal,merusak,atau menghilangkan barang orang lain.karena ada pepatah berani berbuat berani bertanggung jawabkarena tanggung jawab itu ciri manusia yang beradab(budaya).manusia bertanggung jawab karena manusia tersebut bisa menyadari bahwa pihak lain memerlukan pengabdian dan pengorbanannya.

macam - macam tanggung jawab.
a.tanggung jawab terhadap diri sendiri
tanggung jawab diri sendiri itu menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi semua hasrat kehidupannya dalam kewajibnnya sendiri dalam mengembangkan kepribadian manusia sebagai manusia pribadi.dan demikian bisa memecahkan masalah dirinya sendiri.sedangkan menurut sifat manusia adalah makhluk bermoral,tetapi manusia juga seorang pribadi.oleh karena itu tanggung jawab diri sendiri tergantung manusia itu yang menyikapinya.

b.tanggung jawab terhadap keluarga
keluarga merupakan struktur kecil yang terdiri dari ayah,ibu,dan anak - anak serta orang lain yg menjadi keluarga .tanggung jawab keluarga menyangkut nama baik keluarga tetapi tetapi tanggung jawab merupakan kesejahteraan,keselatan,pendidikan,kehidupan,dll.misalnya seorang ibu yang di karuniai tiga orang anak tetapi di suatu sisi ibu tersebut di tinggal mati oleh suaminya.maka tugas seorang ibu harus bertanggung jawab terhadap keluarganya,karena ibu bisa menggantikan posisi suaminya untuk menghidupkan ketiga anaknya.berbeda dengan kalo seorang ibu yang di tinggal mati oleh suaminya sehingga dia harus melacurkan diri,karena melacurkan diri bukan tanggung jawab yang bermoral.

c. Tanggung jawab terhadap Masyarakat
Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai mahluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut. Sehingga dengan demikian manusia di sini meropakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut Wajarlah apabila segala tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.

d. Tanggung jawab kepada Bangsa / Negara
Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara.Dalamberpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusiaterikatoleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia hams bertanggung jawab kepada negara.

e. Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisikehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langseng terhadapTuhan. Sehingga tindakan manusiatidak bisa lepas dari hukuman-hukuman Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitabsucimelalui berbagai macam agama. Pelanggaran darihukuman-hukuman tersebut akan segera diperingatkan oleh Tuhan dan jika dengan peringatan yang keraspun manusiamasihjuga tidakmenghiraukan makaTuhanakan melakukan kutukan. Sebabdengan mengabaikan perintah-perintah Tuhan berarti mereka meninggalkan tanggung jawab yang seharusnyadilakukanmanusiaterhadap Tuhansebagai penciptanya, bahkanuntuk memenuhi tanggung jawabnya, manusia perlu pengorbanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar